Syarat dan Deskripsi Low Vision (Visi Rendah)

deskripsi low vision

Fakta tentang Low Vision

https://viooptical.com/ – Sebagian besar survei dan penelitian menunjukkan bahwa mayoritas orang di Indonesia dengan kehilangan penglihatan adalah orang dewasa yang tidak sepenuhnya buta melainkan sebaliknya, mereka memiliki apa yang disebut low vision. Anda mungkin pernah mendengar istilah “penglihatan sebagian” atau “kebutaan sebagian” atau bahkan “penglihatan buruk” yang juga digunakan untuk menggambarkan penglihatan rendah. Deskripsi tersebut tidak lagi digunakan secara umum.

Cek Vio Optical

Berikut adalah salah satu definisi low vision, terkait ketajaman visual:

 

Low vision adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh penyakit mata, di mana ketajaman visual adalah 20/70 atau lebih buruk di mata penglihatan yang lebih baik dan tidak dapat diperbaiki atau ditingkatkan dengan kacamata biasa. (Scheiman, Scheiman, dan Whittaker)

 

Ketajaman Visual dan Penglihatan Rendah

Ketajaman visual adalah angka yang menunjukkan ketajaman atau kejernihan penglihatan. Pengukuran ketajaman visual 20/70, ini berarti bahwa seseorang dengan penglihatan 20/70 yang berjarak 20 kaki dari grafik mata melihat apa yang dapat dilihat oleh orang dengan penglihatan yang tidak terganggu (atau 20/20) dari jarak 70 kaki.

 

20/70 dapat dipahami dengan baik dengan memeriksa bagan pengujian mata standar yang mungkin telah Anda praktekan di kantor dokter Anda sendiri selama pemeriksaan mata.

 

Salah satu contoh seperti gambar di atas, adalah tes yang digunakan dokter mata dan spesialis mata untuk mengukur jarak ketajaman visual seseorang. Ini berisi barisan huruf, angka, atau simbol yang dicetak dalam ukuran standar.

 

Dokter mata Anda akan meminta Anda untuk membaca atau mengidentifikasi setiap baris atau deretan pada jarak yang tetap (biasanya 20 kaki), meskipun jarak pengujian 10 kaki juga digunakan.

 

Jika Anda dapat membaca baris 8 (D E F P O T E C) dari jarak 20 kaki saat mengenakan kacamata biasa atau lensa kontak, dokter mencatat penglihatan Anda (atau ketajaman visual) sebagai 20/20 dengan koreksi terbaik.

 

Jika cetakan terkecil yang dapat Anda baca adalah garis 3 (T O Z) dari jarak 20 kaki saat mengenakan kacamata biasa atau lensa kontak, dokter mencatat penglihatan Anda (atau ketajaman visual) sebagai 20/70 dengan koreksi terbaik.

 

Harap dicatat: Diagram di atas hanya contoh kecil dan sebenarnya dokter mata menggunakan diagram yang jauh lebih besar daripada yang digambarkan di sini. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk menggunakan bagan ini untuk menguji ketajaman visual Anda sendiri (atau teman atau anggota keluarga).

 

Definisi Fungsional tentang Penglihatan Rendah

Tidak semua profesional perawatan mata setuju dengan deskripsi angka rendah (atau ketajaman visual) secara eksklusif. Berikut ini definisi yang lebih fungsional dari low vision:

 

Low vision adalah kehilangan penglihatan yang tidak dapat diperbaiki yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Ini lebih baik didefinisikan dalam hal fungsi, daripada hasil tes [numerik]. Dengan kata lain, low vision adalah “tidak tercukupinya visi untuk melakukan apa pun yang perlu Anda lakukan,” ini pun dapat bervariasi dari orang ke orang.

 

Sebagian besar profesional perawatan mata lebih suka menggunakan istilah “low vision” untuk menggambarkan penglihatan berkurang secara permanen yang tidak dapat diperbaiki dengan kacamata biasa, lensa kontak, obat-obatan, atau operasi. Jika Anda memiliki penglihatan rendah, perlu untuk melakukan jenis pemeriksaan mata yang berbeda yang menggunakan tes yang berbeda dan lebih rinci untuk menentukan apa yang bisa dan tidak bisa Anda lihat.

Baca Juga: Perbedaan Visi Rendah Dengan Kebutaan Secara Sah

Add a Comment