Pengertian Amlodipine

Pengertian Amlodipine

Amlodipine yaitu obat untuk menangani hipertensi atau desakan darah tinggi. Obat ini dapat juga dipakai untuk menolong menangani serangan angina pectoris atau angin duduk. Amlodipine dapat dikonsumsi dengan sendiri atau dipadukan dengan obat beda. Dengan turunkan desakan darah, obat ini menolong menghindar serangan stroke, serangan jantung, serta penyakit ginjal baca juga 

Amlodipine bekerja lewat cara melemaskan dinding serta memperlebar diameter pembuluh darah. Dampaknya juga akan membuat lancar aliran darah menuju jantung serta kurangi desakan darah dalam pembuluh.

Obat ini menghambat kandungan kalsium yang masuk ke sel otot halus pada dinding pembuluh darah jantung. Kalsium juga akan buat otot dinding pembuluh darah berkontraksi. Dengan terdapatnya penghalangan kalsium yang masuk, dinding pembuluh darah juga akan jadi lebih lemas.

Merk dagang : A-B Vask, Actapin, Amcor, Amdixal, Amlocor, Amlodipine Fahrenheit, Amlogal, Amlogrix, Cardisan, Cardivask, Divasik, Ethivask, Finevask, Fulopin, Gensia, Gracivask, Gravask 5/Gravask 10, Lupin, Normoten, Opivask, Pehavask, Provask, Simvask-5/Simvask-10, Stamotens, Tensivask, Theravask

Mengenai Amlodipine
Golongan Calcium-channel blocker (antagonis kalsium)
Kategori Obat resep
Faedah Mengatasi hipertensi serta serangan angina pectoris
Dikonsumsi oleh Dewasa serta anak-anak usia 6 ke atas
Kelompok kehamilan serta menyusui Kategori C : Studi pada binatang percobaan memerlihatkan ada resikonya pada janin, namun belumlah ada studi termonitor pada wanita hamil. Obat cuma bisa dipakai bila besarnya faedah yang diinginkan lebih dari besarnya resiko pada janin.
Bentuk obat Tablet
Peringatan :
Obat ini dapat buat kepala merasa pusing. Jauhi mengemudi, menjalankan perlengkapan berat, atau beraktivitas yang perlu kewaspadaan serta konsentrasi, terutama pada orangtua.
Tidak dianjurkan meminum banyak juice grapefruit. Kandungan bahan kimia dalam grapefruit dapat tingkatkan kandungan amlodipine didalam aliran darah.
Janganlah memberi obat ini pada orang yang lain tanpa ada resep dokter walau mereka mempunyai keadaan yang sama. Pemakaian obat dengan asal-asalan dapat beresiko.
Berikan tahu dokter bila mempunyai kisah masalah liver, jantung, pembuluh darah jantung, serangan jantung, serta desakan darah rendah.
Bila alergi atau overdosis berlangsung, selekasnya jumpai dokter.
Dosis Amlodipine
Dosis yang umumnya disarankan untuk orang dewasa yaitu 5-10 mg /hari. Dosis untuk orangtua lebih rendah, yakni 2, 5 mg /hari. Sedang dosis untuk anak-anak serta remaja yaitu 2, 5-5 mg /hari. Dosis juga akan sesuai dengan keadaan serta tanggapan pasien pada obat ini.

Konsumsi Amlodipine dengan Benar
Untuk memaksimalkan dampak amlodipine, tetapkan saat yang sama sehari-harinya untuk meminum obat ini, serta janganlah melupakan dosis. Yakinkan ada jarak yang cukup pada satu dosis dengan dosis selanjutnya.

Pemakaian obat ini baiknya disertai dengan kontrol teratur ke dokter supaya keadaan kesehatan dapat selalu terpantau. Minumlah amlodipine dengan air putih, sebelumnya atau setelah makan.

Bila tidak berniat lupa meminum amlodipine, dianjurkan untuk selekasnya mengerjakannya jika jeda dengan jadwal minum selanjutnya tidaklah terlalu dekat. Bila telah dekat, janganlah melipat-gandakan dosis.

Obat ini akan tidak mengobati hipertensi, tapi menolong mengaturnya serta menghindar penyakit beda, seperti tidak berhasil jantung serta masalah pada ginjal.

Hubungan Obat
Pemakaian dengan obat-obatan tersebut bisa memengaruhi kandungan obat didalam darah, oleh karena itu memerlukan penyesuaian dosis :

Amiodarone, atazanavir, ceritinib, clarithromycin, clopidogrel, conivaptan, cyclosporine, dantrolene, digoxin, domperidone, droperidol, eliglustat, idelalisib, lacosamide, piperaquine, simvastatin, tacrolimus, tegafur, serta telaprevir.

Pemakaiaan amlodipine dengan indinavir bisa tingkatkan potensi resikonya obat. Diluar itu, pemakaian amlodipine dengan simvastatin bisa tingkatkan resiko terjadinya miopati.

Ketahui Dampak Samping serta Bahaya Amlodipine
Semuanya obat punya potensi mengakibatkan resikonya, tapi tidak kebanyakan orang juga akan merasakannya. Saat pertama kalinya konsumsi amlodipine, Anda mungkin saja juga akan alami sakit kepala, rasa panas serta kegerahan. Tanda ini biasanya juga akan lebih baik dalam sekian hari.

Bicarakan dengan dokter bila alami resikonya berkelanjutan serta menyusahkan Anda. Sebagian resikonya beda yang mungkin saja berlangsung yaitu :

Terasa capek atau pusing.
Jantung berdegup kencang.
Terasa mual serta tidak nyaman dibagian perut.
Pergelangan kaki membengkak.
Bila alami reaksi alergi seperti ruam, gatal-gatal, pembengkakan di wajah, lidah atau tenggorokan, sakit kepala kronis serta kesusahan bernapas, hentikan penggunaan serta selekasnya jumpai dokter.

Saksikan selanjutnya tentang :

Aneurisma Aorta
Diseksi Aorta
Eklamsia

Add a Comment